5 Kunci Sukses Versi Kampus Pengusaha Muslim

Kesuksesan tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Entah mendapatkan kesuksesan dalam bidang pekerjaan, keuangan, hubungan keluarga, pendidikan, dan lainnya. Biasanya, setiap orang akan bekerja keras dan berlomba-lomba meraih kesuksesan mereka masing-masing dengan caranya sendiri.

Tetapi, untuk meraih kesuksesan kerja keras saja tidaklah cukup. Dalam Islam, ada kunci utama yang harus dilakukan seorang Muslim jika ingin Allah menjadikan orang tersebut meraih kesuksesan. Nah, Kampus Pengusaha Muslim merangkumnya menjadi 5 kunci utama agar sukses dunia dan akhirat, kira-kira apa saja ya? Yuk simak pembahasannya berikut ini :

  • Berbakti kepada orang tua
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Siapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rizkinya, maka berbaktilah pada orang tua dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).”

(HR. Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi, yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya).

Jika Anda menjadi anak yang berbakti pasti Allah akan mudahkan dalam berbagai urusan dan kesuksesan. Karena hal ini pun telah banyak dibuktikan oleh para pengusaha muslim yang sukses.

  • Bermujahadah
    Di masa sekarang, banyak sekali orang yang menghalalkan berbagai macam cara untuk mendapatkan kesuksesan. Mulai dari cara yang halal hingga cara yang haram. Seakan hal tersebut sudah tidak lagi penting bagi mereka, yang penting bisa mencapai apa yang diinginkan.
    Contohnya sebagai pengusaha, tak penting mendapat modal dari cara yang halal atau tidak, bersikap dzolim kepada supplier ataupun pelanggan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut semata-mata mereka lakukan hanya demi mendapatkan uang yang banyak, mendapatkan kesuksesan, hingga demi tinggal di rumah yang megah dengan kendaraan yang mewah. Meskipun mereka kaya raya namun jika cara mendapatkannya seperti itu, maka sudah pasti mereka akan hidup dalam ketidaktenangan batin.

Sedangkan orang yang bermujahadah adalah orang yang senantiasa berjuang dalam ketaatan kepada Allah. Orang yang bermujahadah tentu akan menjalani kehidupannya sesuai dengan ketentuan syariat. Mereka percaya dengan melakukan mujahadah, maka pintu keberhasilan pasti akan dibukakan oleh Allah. Sebagaimana Allah berfirman, “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut: 69).

  • Selalu berhusnudzon kepada Allah

Sebagai umat Islam, kita hendaknya senantiasa berprasangka baik kepada Allah. Ketika kita sudah menjalankan apa yang Allah perintahkan dengan penuh ketaqwaan, seharusnya hati ini selalu berprasangka bahwa Allah akan memberikan kita kebaikan, kesuksesan dan akan senantiasa melancarkan rejeki kita.

Sebagaimana Allah berfirman, “Aku sesuai dengan prasangka hamba pada-Ku.

Oleh sebab itu, hendaknya kita selalu senantiasa untuk berprasangka baik terhadap Allah dan ketetapanNya. Bahkan jika tidak berprasangka baik terhadap Allah, maka kita justru akan mendapatkan celaka.

  • Perbanyak do’a
    Dengan do’a segala urusan dan kesuksesan pun mudah diraih. Doa adalah senjata orang mukmin. Doa merupakan kebutuhan kita yang hakikatnya merupakan hamba yang selalu bergantung pada Allah. Namun, sebagian dari kita masih banyak yang malas berdoa ataupun ragu dan tidak yakin pada doanya sendiri. Tidak sedikit orang yang meremehkan doa. Mereka menganggap, segala masalah bisa diselesaikan dengan usaha sendiri, tidak perlu doa yang penting kerja dan usaha.

    Rasulullah bersabda, “Perbanyaklah berdoa. Sesungguhnya kamu tidak mengetahui kapan doamu akan terkabul.” (HR Ath-Thabrani).

    Seorang muslim sejati tidak boleh lelah dan bosan untuk berdoa setiap saat. Jika apa yang diharapkan dalam doanya belum terwujud, itu bukan berarti tidak terkabul. Sesungguhnya Allah akan memberikannya atau menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik daripada yang dimintanya.
  • Selalu upgrade ilmu
    Diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadist shahih; “Barang siapa menempuh jalan untuk menuntuk ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan ke surga.”
    Beliau selalu menekankan umatnya untuk selalu belajar dan menuntut ilmu. Hal ini karena beliau tahu bahwa tradisi ilmu akan membawa kejayaan umat baik di dunia maupun akhirat. Begitu juga jika kita ingin meraih kesuksesan, tanpa ilmu kita tak akan bisa memahami mana yang baik dan mana yang buruk. Maka jika benar-benar ingin sukses, diperlukan ilmu sebagai ikhtiar kita, tentunya dibarengi dengan adab yang baik dalam mengamalkan ilmu tersebut.

Wallahu a’lam bisshowab. Semoga bermanfaat

Bermanfaat? yuk share agar yang lain tau