5 TIPS MENENTUKAN BISNIS YANG TEPAT

ditulis oleh : Nabilah
Untuk Kampus Pengusaha Muslim

Sukses adalah hal yang sering menjadi tujuan banyak orang. Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan berbisnis. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat saat ini, terutama kalangan muda. Mulai merasa lelah dan terbatasnya ruang gerak saat menjadi karyawan adalah salah satu yang memicu untuk memilih beralih ke dunia entrepreneur.

Untuk bisa sukses dalam berbisnis yang jalannya tidak selalu lancar, diperlukan keahlian, perencanaan dan langkah-langkah yang tepat. Jika tahu bagaimana sulitnya memulai bisnis, mungkin hanya sedikit saja yang ingin menjadi pengusaha. Tetapi sebenarnya, semua orang mampu menjadi pengusaha sukses jika mau belajar dan bekerja keras. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin sukses memulai bisnis :

1. Membuat Daftar Hobi Anda

Saat ini banyak bisnis yang awalnya dimulai dari hal yang Anda sukai. Beberapa orang menggunakan cara ini agar dapat menikmati proses membangun usahanya tersebut dengan lebih senang, karena mereka melakukan apa yang mereka sukai. Ini juga bisa menjadi solusi untuk Anda. Mulailah membuat daftar hobi Anda, dan temukan yang bisa direalisasikan menjadi sebuah bisnis.

2. Melakukan Riset Pasar terhadap potensi bisnis yang ingin dipilih

Jika Anda benar-benar ingin memulai sebuah usaha, maka salah satu tips ini adalah hal yang harus Anda lakukan dan perhatikan, yaitu melakukan riset pasar. Mengapa harus riset pasar? Yaa, tentu saja untuk membangun bisnis yang tepat diperlukan strategi dan konsep yang matang. Anda perlu memahami kondisi pasar saat itu agar tahu langkah tepat apa yang harus dilakukan saat memulai bisnisnya. Dengan riset pasar, Anda dapat mengetahui seberapa besar peluang dari bisnis yang ingin Anda jalankan.

3. Rancanglah bisnis Anda menggunakan Business Model

Untuk membangun sebuah bisnis, tak cukup jika hanya menggunakan kumpulan ide-ide dan hobi Anda, atau hanya focus pada modal yang Anda butuhkan. Namun diperlukan sebuah perencanaan rinci dan rancangan konsep bisnis seperti apa yang akan ditekuni. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memulai usaha hanya mengandalkan atau menjalankan ide saja tetapi tanpa diikuti dengan perencanaan juga mempersiapkan bisnis model yang jelas, hingga mengakibatkan bisnisnya tersebut tidak bisa bertahan lama. Pada umumnya konsep yang dipakai untuk merancang bisnis adalah menggunakan business model canvas, sedangkan di Kampus Pengusaha Muslim mengusung konsep Business Model Masjid. Sebuah rancangan model bisnis yang memuat elemen umum pada bisnis seperti marketing, value, channel, dan sebagainya. Namun yang membedakan adalah adanya visi mati dan api bisnis yang juga dirancang sebelum membangun bisnis tersebut.

4. Temukan Benchmarked Bisnis sebagai Role Model

Sebagai pengusaha yang baru memulai berkecimpung dalam dunia bisnis, maka akan sangat dibutuhkan role model bisnis yang tepat. Anda harus memilih sebuah brand bisnis yang sudah lebih dulu sukses di bidang yang sama dengan bisnis Anda. Kemudian belajar dan amati apakah rahasia mereka bisa sukses dalam bisnisnya, apa value yang mereka punya sehingga bisnis tersebut bisa besar. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah Benchmarking. Tujuan dari benchmarking ini bukanlah memplagiat bisnis orang lain, atau mencari-cari celah untuk menjatuhkan bisnis mereka. Melainkan menjadikan mereka sebagai contoh sukses bisnis Anda, karena dari sana Anda bisa mempelajari strategi dan rahasia sukses dari bisnis yang sudah berhasil membuktikannya. Bisa jadi nantinya Anda akan menemukan formula terbaik untuk menjadikan bisnis Anda besar, tersistem dan sukses.

5. Melibatkan Allah untuk meminta petunjuk bisnis terbaik

Setelah membahas 4 tips diatas, tentunya sebagai seorang muslim ada hal yang sangat penting dari itu semua namun terkadang kita lupa untuk melakukannya dalam berwirausaha. Melibatkan Allah, Tuhan kita yang Maha Esa dan berkuasa atas segalanya.

Mungkin Anda memang bisa membuat konsep bisnis yang keren, strategi yang ampuh, menemukan partner yang satu visi, dan masih banyak lagi. Tetapi ingatkah Anda? Bahwa semua itu bisa terjadi karena apa? Siapa yang sekiranya memberikan kemampuan kepada Anda untuk memiliki itu semua?. Tentu saja tidak lain dan tidak bukan semua itu adalah pemberian Allah dan hanya dengan izinNya itu dapat terwujud.

Maka jangan pernah lupa untuk melibatkan Allah dalam setiap proses dan langkah bisnis Anda. Seperti di Kampus Pengusaha Muslim, peserta diajarkan untuk mendahulukan Allah sebelum melakukan apapun di bisnis mereka. Bila perlu jadikanlah Allah Komisaris di bisnis kita, segala keputusan didalamya Ia yang memutuskan, kita meminta persetujuan dan menjalankan perintahNya.

Itulah 5 Tips Menentukan bisnis yang tepat versi Kampus Pengusaha Muslim.
Wallahu a’lam bishowab. Semoga bermanfaat

Ayo belajar bisnis bareng Kampus Pengusaha Muslim.
Silahkan daftar ke http://bit.ly/belajarBisnisBarengKPM

Bermanfaat? yuk share agar yang lain tau