10 Ide Bisnis Wanita Muslimah Masa Kini yang Menguntungkan

Siapa bilang wanita Muslimah tidak bisa menjalankan bisnis? Bahkan, dibandingkan pria ide bisnis untuk wanita Muslimah cenderung lebih banyak dan beragam, serta cukup diminati oleh masyarakat.

Misalnya seperti Nurhayati Subakat dengan kosmetik Wardah, Feny Mustafa dengan Zoya Jilbab, serta Diajeng Lestari dengan e-commerce fashion muslimnya yang disebut HIJUP.

Ketiga contoh wanita Muslimah tersebut telah sukses membangun kerajaan bisnisnya sendiri, berkat ide-ide cemerlang yang diminati oleh masyarakat.

Bukan cuma mendapatkan pundi-pundi keuntungan saja, ide bisnis yang mereka buat bisa menjadi ladang amal karena dijalankan berdasarkan prinsip bisnis atau etika bisnis Islam.

Oleh sebab itu, untuk kamu para wanita Muslimah, kesempatan untuk mengembangkan bisnis di Indonesia masih terbuka lebar. Jika berminat, kamu bisa memulainya dengan ide bisnis berikut ini.

10 Ide Bisnis yang Cocok untuk Wanita Muslimah

Perlu digarisbawahi, dalam menjalankan bisnis modal pertama yang harus kita miliki adalah niat. Setelah niat telah ditetapkan, pastikan ide bisnis yang kamu jalankan sesuai dengan minat dan passionate-mu.

Pasalnya, alangkah lebih mudah dan menyenangkannya jika kita bekerja sesuai dengan minat sendiri. Dengan begitu, sesulit apapun rintangan yang dihadapi, kamu akan tetap sabar dan kuat menjalaninya.

Selain itu, modal usaha juga cukup penting untuk diperhatikan. Jika modal yang kamu miliki tidak terlalu besar, ada baiknya untuk memulai bisnis secara kecil-kecilan terlebih dahulu.

Apabila kamu konsisten, maka bisnis tersebut lambat-laun akan semakin berkembang dan besar. Supaya enggak bingung, berikut ide bisnis wanita Muslimah yang bisa kamu coba.

1. Bisnis Busana Muslim

Ide bisnis busana muslim bagi para wanita Muslimah memang cukup tren saat ini. Terbukti, dari banyaknya toko-toko online atapun offline yang menjajakan busana muslim untuk perempuan.

Mengapa ide bisnis yang satu ini cukup populer untuk dilakukan? Pasalnya, Indonesia sendiri merupakan pendudukan beragam muslim terbesar di dunia, sehingga pangsa pasar bisnis tersebut sangat besar.

2. Bisnis Hijab Syar’i

Ide bisnis yang satu ini juga sama menjanjikannya dengan ide bisnis busana muslim sebelumnya. Apalagi, model hijab syar’i sendiri tengah diminati oleh banyak perempuan muslim.

Enggak perlu bingung memasarkan hijab syari’i tersebut. Saat ini, ada banyak e-commerce yang bisa dimanfaatkan menjual barang. Selain itu, kamu juga bisa memasarkannya secara gratis lewat media sosial.

3. Menjual Perlengkapan Ibadah

Alat-alat dan perlengkapan ibadah sendiri ada banyak, mulai dari sajadah, mukena, tasbih, sarung, Al-Quran, peci, dan lain sebagainya. Pangsa pasar ide bisnis ini juga sangat luas.

Sebab, perlengkapan ibadah terbilang cukup universal, kamu tidak hanya bisa menjualnya kepada perempuan saja, namun juga kepada customer laki-laki, kecuali mukena yang khusus dipakai oleh wanita.

4. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup besar untuk memulai brand-mu sendiri, ada baiknya kamu melakukan ide bisnis sebagai reseller atau droshipper.

Dengan menjadi reseller atau dropshipper, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar untuk menjual suatu barang. Bahkan, kamu bisa sama sekali tidak mengeluarkan modal dengan jadi dropshipper.

5. Perancang Busana Muslim

Bisnsi busana muslim ada dua jenis, pertama kamu bisa jadi penjual baju yang telah jadi milik orang lain, atau kedua kamu bisa merancang baju dan menjualnya sendiri.

Ide bisnis yang satu ini bisa dimanfaatkan bagi kamu yang memiliki skill merancang busana. Selain itu, tren busana muslim yang semakin tinggi di Indonesia, membuat pangsa pasar bisnis ini sangat besar.

6. Menjadi Make Up Artist

Konotasi wanita berhijab kini tidak seperti dulu lagi. Jika dulu wanita berhijab dianggap ‘ketinggalan zaman,’ kini para wanita-wanita ini mulai menunjakkan bahwa mereka juga perduli dengan penampilan.

Maka dari itu, enggak heran jika ide bisnis menjadi MUA atau Make Up Artist hijab sedang tren dilakukan. Meski terlihat sederhana, ternyata ide bisnis ini dapat mendatangkan omzet yang lumayan besar, lho.

7. Influencer atau Pembuat Kontel Digital

Influencer atau content creator atau pembuat konten digital secara mengejutkan telah menjadi profesi baru bagi banyak orang di dunia, termasuk bagi para wanita Muslimah.

Bahkan, di Indonesia sendiri influencer wanita berhijab terbilang sangat dibutuhkan. Pasalnya, banyak perusahaan besar yang membutuhkan jasa mereka dalam memasarkan produk-produk Muslimah.

8. Freelance Writer

Kamu memiliki skill menulis? Jika iya, maka ide bisnis menjadi freelance writer sangat cocok untukmu.

Apalagi jika kamu memiliki waktu luang yang cukup banyak. Dengan semakin banyak waktu yang kamu miliki, maka semakin banyak pula pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu ambil.

Dengan begitu, semakin banyak pula pundi-pundi uang yang bisa didapatkan. Berminat untuk mencoba?

9. Guru Mengaji atau Private Les

Tidak membutuhkan uang yang besar, jika kamu memiliki kemampuan mengaji yang baik kamu bisa menjadi guru mengaji bagi anak-anak. Mulailah dari anak-anak yang ada di sekitar tempat tinggalmu.

Jika kamu memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang mata pelajaran sekolah, maka kamu bisa jadi guru private les. Guru private les sendiri saat ini sangat dibutuhkan, sehingga cukup menguntungkan.

10. Membuka Catering Makanan

Aktivitas yang padat membuat banyak orang mempertimbangkan catering untuk memenuhi kebutuhan makanannya sehari-hari, sehingga ide bisnis yang satu ini cukup menguntungkan untuk dilakukan.

Bagi kamu yang senang masak, membuka usaha catering tentu akan sangat menyenangkan. Selain bisa menyalurkan hobi, kamu juga mendapatkan keuntungan dari bisnismu tersebut.

11. Menjual Berbagai Macam Kue

Ide bisnis berikutnya yang bisa dicoba para wanita Muslimah adalah bisnis toko kue. Kamu bisa membuat bermacam-macam kue, sesuai dengan skill yang kamu miliki. Bisnis ini terbilang sangat menguntungkan.

Pasalnya, bisnis kue tak pernah surut dari peminat. Bahkan, pada momen-momen tertentu bisnis yang satu ini sangat dicari oleh masyarakat, misalnya saat lebaran, tahun baru, dan hari besar lainnya.

12. Menjual Barang-Barang Handmade

Untuk kamu yang memiliki kreativitas tinggi, ide bisnis menjual barang-barang handmade bisa jadi pilihan usaha yang cocok untukmu. Pasalnya, bisnis yang satu ini masih cukup ramai dicari oleh orang-orang.

Agar lebih untung dalam menjalankan bisnis ini, jangan berbisnis secara ‘jemput bola.’ Carilah klien-klien besar seperti perusahaan atau acara-acara tertentu agar keuntungan yang didapat semakin besar.

13. Membuka Usaha Laundry

Ide bisnis yang terakhir ini bisa dicoba baik pria maupun wanita. Membuka usaha laundry saat ini sangat diminati oleh masyarakat, sebab banyaknya orang yang membutuhkan jasa pencucian baju.

Apalagi di kota-kota besar, masyarakatnya yang sibuk membuat mereka tak sempat untuk menyuci bajunya sendiri. Oleh sebab itu, peluang ini harus kamu manfaatkan dalam mencari keuntungan.

Itu tadi beberapa ide bisnis untuk wanita Muslimah masa kini yang bisa kamu coba. Semoga ulasan di atas bisa jadi inspriasi untuk kita semua ya.

Selamat mencoba!

(Photos: Freepik)