Dibaca di Hari Jumat, Ini 5 Keutamaan Surat Al-Kahfi yang Bisa Didapat!

Hari jumat memang waktu yang istimewa bagi umat Muslim. Pada hari jumat, banyak amalan yang bisa kita lakukan demi mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, salah satunya keutamaan surat Al-Kahfi.

Ya, sudah menjadi rahasia umum jika surat Al-Kahfi sangat baik jika dibaca pada hari Jumat. Mesi begitu, sangat disarankan untuk tetap membaca surat ini pada hari yang lainnya juga.

Meski keberkahan surat Al-Kahfi berlipat ganda jika dibaca pada hari Jumat, namun demi melancarkan doamu tersebut maka bacalah surat tersebut setiap harinya.

Selain itu, surat Al-Kahfi juga bisa dibaca tanpa Batasan waktu tertentu, baik siang atau malam hari. Dengan membaca surat Al-Kahfi, kita akan mendapatkan ketenangan hingga waktu seminggu kedepan.

Oleh karenanya, banyak orang yang melaksanakan amalan ini demi mendapat keuntungan surat Al-Kahfi.

Lantas, apakah kamu juga ingin mendapatkan keberkahan dan keutamaan surat Al-Kahfi dari Allah SWT? Sebelum kita membahas masalah tersebut, simak dulu sejarah turunnya surat Al-Kahfi di bawah ini.

Sejarah Turunnya Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi adalah surat ke-18 yang ada di dalam Al-Quran, surat ini memiliki arti ‘Para Penghuni Goa.’

Secara singkat, surat Al-Kahfi sendiri mengisahkan tentang tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Mereka hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi beratus-ratus tahun yang lalu, tepatnya sebelum diutusnya Nabiyullah Isa AS turun ke dunia. Pada saat itu, mereka dipaksa untuk menyembah berhala.

Namun, para pemuda saleh ini menolak dan lari dari kejaran pasukan raja hingga sampai ke mulut goa, yang kemdian mereka jadikan sebagai tempat persembunyiaan sementara.

Dengan izin Allah SWT, di saat itulah keutamaan surat Al-Kahfi turun. Mereka lantas ditidurkan selama 309 tahun di dalam gua tersebut, lalu dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja sudah berganti.

Saking lamanya mereka tertidur, raja dan masyarakat yang tadinya dzalim dan tidak taat tersebut telah berubah menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT (berdasarkan tafsir Ibnu Katsir).

Dari sinilah mulanya surat Al-Kahfi diturunkan. Dengan membaca surat tersebut pada hari jumat, baik pada siang ataupun malam hari, maka orang yang mengamalkannya akan diberikan ketenangan jiwa.

Nah, setelah mengetahui sejarah turunnya surat Al-Kahfi, berikut beberapa keutamaan surat Al-Kahfi yang penting untuk kamu ketahui.

5 Keutamaan Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

Perlu diingat, membaca surat Al-Kahfi adalah satu dari sekian banyak amalan yang bisa dikerjakan di hari Jumat. Agar keutamaan surat Al-Kahfi lebih terasa, jalankan pula amalan-amalan lain pada hari tersebut.

Jika demikian, tanpa perlu berlama-lama lagi berikut beberapa keutamaan surat Al-Kahfi, yakni:

1. Tubuh Diterangi Cahaya Kebaikan

Keutamaan surat Al-Kahfi yang pertama adalah bagi siapa yang membaca surat tersebut pada malam Jumat, maka ia akan diterangi cahaya kebaikan antara orang tersebut dan ka’bah.

Hal ini juga tertera di hadist riwayat Ad Darimi, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda;

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (Syaikh Al Albani mengatakan, hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471).

Selain itu, keutamaan surat Al-Kahfi juga termasuk ganjaran berupa pahala, diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan, dan cahaya kebaikan yang memancar dari telapak kakinya hingga sampai ke langit.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat AL Hadid ayat 12 yang berbunyi;

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.

2. Menghindarkan dari Fitnah Dajjal

Bukan hanya membacanya, keutamaan surat Al-Kahfi juga dapat dirasakan ketika kita menghafalnya. Ternyata, menghafal ayat 1-10 surat Al-Kahfi mampu menghindarkan diri dari fitnah dajjal.

Hal ini juga disebutkan pada HR Dailami, yang berbunyi;

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.”

Selain HR Dailami, keutamaan surat Al-Kahfi ini juga turut ditegaskan pada HR Muslim, yakni;

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” 

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.”

3. Mendapatkan Safaat dan Ridho dari Allah SWT

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keutamaan surat Al-Kahfi pada manusia adalah jika diamalkan surat tersebut dapat memberikan ketenangan pada jiwa seseorang.

Selain itu, surat Al-Kahfi juga memberikan safaat dan keridhoan Allah SWT, seperti pada HR Ahmad;

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.”

4. Diampuni Segal Dosa-Dosanya oleh Allah SWT

Siapa sangka, ternyata salah satu keutamaan surat Al-Kahfi adalah sebagai penghapus dosa terdahulu manusia. Namun, agar mendapatkan safaat lebih dari surat tersebut, kamu disarankan untuk bertaubat.

Hal ini seperti diriwayatkan dalam sebuah hadist, di mana Rasullulah SAW bersabda, bahwa;

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.”

5. Dihindarkan dari Gangguan Setan Terkutuk

Seperti yang kita ketahui, setan sendiri telah bersumpah di hadapan Allah SWT, di mana ia akan mengganggu anak cucu Adam sampai dengan hari kiamat tiba.

Oleh sebab itu, manusia selama hidupnya akan terus diganggu dan disahut untuk berbuat dosa, agar kelak di akhirat setan atau jin memiliki teman di neraka.

Sebagai umat Muslim yang taat, kita tentu enggak mau hal tersebut terjadi pada kita, bukan? Oleh sebab itu, keutamaan surat Al-Kahfi yang terakhir adalah untuk menghindari diri dari gangguan setan terkutuk.

Di dalam surat Al-Kahfi ayat 47 juga dijelaskan, bahwa salah satu keutamaan surat Al-Kahfi adalah dapat menjadi pengingat umat manusia akan datangnya hari kiamat. Pada ayat tersebut berbunyi;

“Dan (ingat lah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau melihat bumi rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.”

Maka dari itu, dengan rajin membaca surat Al-Kahfi dipercaya akan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, serta dapat menghindari diri dari pedihnya siksa api neraka kelak.

Bagaimana, setelah membaca ulasan di atas kamu sudah pahamkan apa-apa saja keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat? Ingat surat ini sebenarnya bisa dibaca kapanpun dan waktu apapun.

Namun, dalam beberapa hadist dan ayat disebutkan, safaat berlipat ganda akan kamu dapatkan jika kamu membacanya pada hari Jumat.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!

Bermanfaat? yuk share agar yang lain tau