Pengusaha Muslim, Teknik Digital Marketing Ini Penting Kamu Kuasai

Digital marketing sendiri merupakan teknik pemasaran yang mungkin paling banyak dilakukan orang-orang saat ini. Pada level terendah, digital marketing dapat berupa jual-beli barang online di media sosial.

Sehingga, praktik online shop yang saat ini tengah booming bisa dikatakan sebagai salah satu strategi digital marketing. Namun, ada pula praktik digital marketing yang lebih besar.

Seperti situs jual-beli, seperti e-commerce atau marketplace yang saat ini menjamur di Indonesia. Strategi pemasaran yang mereka jalankan berbasis digital karena menyasar pangsa pasar pengguna internet.

Memang, teknik digital marketing sendiri mulai dikenal masyarakat dari awal tahun 90-an hingga sekarang ini. Hal tersebut seiring dengan semakin berkembangnya dunia digital di seluruh dunia.

Bayangkan saja, khusus untuk Indonesia sendiri, negara ini adalah pengguna media sosial terbesar di dunia. Sehingga, menjadikan internet sebagai lahan bisnis merupakan suatu yang sangat tepat.

Oleh sebab itu, saking menguntungkannya teknik digital marketing, enggak heran jika praktik-praktik marketing konvensional mulai ditinggalkan oleh orang-orang dan perusahaan.

Namun, sebelum dapat menjalankan strategi digital marketing penting untuk mengetahui, apa sih sebenarnya digital marketing itu? Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini ya.

Pengertian Digital Marketing

Secara umum, digital marketing atau pemasaran secara digital bisa diartikan sebagai upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital.

Sehingga, bagi kamu yang sudah memiliki basic ilmu marketing sebelumnya, kamu bisa lebih mudah menerapkan teknik digital marketing, sebab basic ilmu yang kamu miliki bisa diterapkan pada teknik ini.

Hanya saja, beda digital marketing dan marketing konvensional adalah ‘tempat bertarungnya.’ Jika pada marketing biasa tempat bertarungmu adalah dunia nyata, maka digital markrting adalah dunia maya.

Kendati demikian, target pasar marketing konvensional dan digital marketing sebenarnya relatif sama, yakni manusia. Namun, pada digital marketing, target pasarmu adalah manusia pengguna internet.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak cara dalam mendapatkan calon customer melalui internet, bisa dengan membuat laman, blog, media sosial, hingga media-media online lainnya.

Alat untuk menggaet calon pembeli juga relatif beragam, jika kamu menggunakan teknik digital marketing kamu bisa menarik minat konsumen dengan iklan online, email marketing, brosur online, dan lain-lain.

Bagaimana, terdengar cukup simpel bukan teknik pemasaran melalui digital marketing? Meski begitu, digital marketing tidak bisa dijalankan secara sembarangan.

Banyak teknik yang harus kamu pelajari sebelum bisa mendapatkan keuntungan dari digital marketing tersebut, seperti pada penjabaran di bawah ini.

Macam-Macam Teknik Digital Marketing

Instrumen atau cara yang kamu gunakan dalam menjalankan digital marketing sangat penting, hal ini mempengaruhi berhasil atau tidaknya kampanye digital yang sedang dijalankan.

Maka dari itu, sebelum kamu memulai kampanye digital marketing ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu macam-macam teknik digital marketing yang bisa dipakai oleh orang-orang, seperti:

1. Optimalisasi Mesin Pencarian (Teknik SEO)

Optimalisasi mesin pencarian atau Search Engine Opyimization (SEO), merupakan teknik digital marketing pertama yang harus kamu pahami sebeum memulai bisnis secara daring.

Teknik ini adalah proses mengoptimalkan situs web kamu pada mesin pencari (Google, Yahoo, dan lain-lain) ntuk mendapatkan ‘ranking’ lebih tinggi di halaman pertama hasil mesin pencari.

Hal ini dimaksudkan, agar traffic atau lalu lintas, atau jumlah kunjungan orang-orang ke situs yang kamu miliki semakin meningkat. Sebenarnya, ada dua jenis traffic dalam digital marketing.

Pertama, adalah organic traffic yang didapatkan berdasarkan klik pengunjung dari hasil pencarian di mesin pencari online. Sedang, kedua adalah traffic non-organic yang didapatkan dari iklan, dan lain-lain.

2. Konten Marketing Daring

Adanya konten marketing ini sangat penting, sebab ia bertanggungjawab untuk menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic, perolehan prospek, dan juga pelanggan.

Selain itu, konten marketing adalah salah satu ujung tombak traffic organic kamu dapatkan, sebab mereka biasanya bertugas untuk memproduksi konten-konten (artikel) yang masuk ke dalam mesin pencari.

Beberapa media atau alat yang bisa kamu gunakan untuk membuat strategi konten pemasaran online adalah postingan blog, e-book, artikel online, inforgrafis, brosur online, dan lain-lain.

Untuk pembuatan artikel online sendiri, biasanya orang yang bekerja di bidang tersebut disebut sebagai content writer atau penulis konten. Sedang, untuk pemasaran dan kampanye biasa disebut copywriter.

3. Pemasaran Lewat Media Sosial

Hal ini sebelumnya juga telah disebutkan, salah satu teknik digital marketing adalah dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, WhatsApp, dan lain-lain.

Tujuan dari pemasaran lewat media sosial ini adalah untuk mempromosikan merek dagang melalui konten di media sosial. Selain itu, praktik ini juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat.

Terlebih, pemasaran lewat media sosial juga bisa memancing datangnya traffic dan menghasilkan prospek untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.

Oleh karena itulah, jika dimanfaatkan secara baik dan benar media sosial sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis online. Lantas, apakah kamu tertatik mencoba teknik pemasaran sosial media?

4. Pay-Per-Click (PPC)

Secara sederhana, PPC adalah metode untuk mengarahkan traffic ke web yang kamu miliki dengan cara membayar setiap klik dari situs tersebut. PPC yang umum digunakan adalah Google AdWords.

Google AdWords sendiri memungkinkan kita untuk membayar dan mendapatkan slot teratas pada pencarian halaman pertama pencarian Google, dan tentu saja dengan dikenakan harga per kliknya.

Selain Google AdWords, terdapar media lain yang bisa kamu coba dalam menjalankan praktik digital marketing yang satu ini, di antaranya Facebook Ads, promote Twitter, Instagram Ads, dan lain-lain.

5. Email Marketing atau Email Blast

Email marketing atau email blast kerap digunakan oleh banyak perusahaan untuk berkomunikasi dan mempromosikan produk-produk terbarunya kepada customer, melalui sarana email.

Nantinya, customer yang mendapatkan email tersebut akan menerima pesan dengan link di dalamnya, yang akan membawa orang tersebut ke situs utama perusahaan.

Tercatat, Ada beberapa tipe email yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kampanye melalui email marketing, di antaranya pengikut buletin blog, email sapaan untuk customer, dan masih banyak lagi.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menjalankan email blast. Menurut saya pribadi, teknik digital marketing ini tidak terlalu efektif jika digunakan terlalu sering.

Pasalnya, orang-orang menganggap email marketing sebagai spam pada email mereka. Sehingga, apabila dikirimkan terlalu sering, email marketing justru dapat merusak citra brand­-mu di masyarakat.

Itu tadi beberapa hal terkait digital marketing yang penting untuk kamu ketahui. setelah membaca penjabaran di atas, apakah kamu tertarik untuk mempraktikkan teknik pemasaran yang satu ini?

Ingat, setiap usaha tentu membutuhkan waktu dan niat untuk melakukannya, begitu pula digital marketing. Sehingga, kunci keberhasilan teknik ini adalah konsistensimu dalam menjalankannya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

(Photos: Pixabay)

Bermanfaat? yuk share agar yang lain tau