Bosan Jadi Pegawai? Berikut 10 Tips dari Karyawan Menjadi Pengusaha

Memutuskan untuk berganti profesi dari karyawan biasa, menjadi seorang pengusaha merupakan langkah yang besar. Oleh sebab itu, dibutuhkan tips dari karyawan menjadi pengusaha untuk melakukannya.

Banyak orang yang salah langkah ketika memutuskan untuk membuka usaha sendiri atau menjadi wirausahawan. Sebab, hal tersebut sering kali dilakukan tanpa perhitungan yang matang.

Padahal, tanggung jawab menjadi karyawan dan pengusaha tentu saja berbeda. Jika sebelumnya kamu bekerja untuk orang lain, maka sekarang kamu akan mengurus A-Z bisnis tersebut secara sendirian.

Kamu mungkin bisa saja mempekerjakan orang lain untuk membantumu menjalankan bisnis tersebut. Namun, sebagai pemilik usaha kamulah yang bertanggungjawab penuh atas sukses-tidaknya usaha tadi.

Lantas, masih mau beralih dari pegawai menjadi pengusaha? Jika iya, simak tips dari karyawan menjadi pengusaha yang sukses di bawah ini.

10 Tips dari Karyawan Menjadi Penguasa yang Sukses

Mindset atau pola pikir bisa dikatakan sebagai penentu sukses-tidaknya seseorang dalam peralihan dari pegawai menjadi pengusaha. Mengubah mindset sangat penting, namun juga cukup sulit untuk dilakukan.

Agar pola pikirmu tak lagi ‘seperti karyawan,’ berikut beberapa tips dari karyawan menjadi pengusaha yang bisa kamu terapkan, seperti:

1. Niatkan dalam Hati dan Lakukan karena Allah SWT

Tips dari karyawan menjadi pengusaha yang pertama adalah niat. Ya, simpel namun yang satu ini cukup menentukan sukses-tidaknya usaha yang kamu jalankan.

Dengan niat dan tekat yang kuat kamu akan tetap sabar dan kuat ketika masalah mulai menghampiri bisnis tersebut. Selain itu, lakukan semuanya karena Allah SWT agar kamu mendapatkan izin dan keridhoanNya.

2. Siapkan Diri Mengemban Tanggung Jawab yang Besar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebagai pengusaha kamu akan mengurusi urusan terkecil hingga urusan terbesar bisnis tersebut. Salah atau benarnya keputusan juga tergantung kamu sendiri.

Oleh sebab itu, menjadi pengusaha merupakan tanggung jawab yang berat. Sebagai tips dari karyawan menjadi pengusaha, ada baiknya kamu menyiapkan diri dan mental untuk menerima tanggung jawab itu.

3. Memiliki Visi Jangka Pendek dan Panjang

Roda bisnis tidak akan berjalan dengan baik apabila kamu tidak memiliki visi yang jelas terhadap usaha tersebut. Visi ini sangat penting, agar arahmu dalam membangun usaha dapat terlihat jelas.

Sebagai tips dari karyawan menjadi pengusaha, ada baiknya kamu memiliki visi jangka pendek dan panjang sekaligus. Supaya, kamu lebih paham step by step yang harus dilakukan setiap harinya.

4. Jangan Merasa Puas dan Nyaman Terlalu Cepat

Tips dari karyawan menjadi pengusaha selanjutnya adalah, seorang pengusaha selalu memiliki sifat yang tak pernah puas dan menolak untuk senantiasa merasa nyaman.

Sudah menjadi risiko, ketika menjadi pengusaha kamu dituntut untuk melakukan langkah besar, yang mungkin berisiko untuk perusahaan. Maka dari itu, pupuk keberanianmu, jangan cepat puas, dan nyaman.

5. Senantiasa Belajar, Belajar, dan Belajar

Dari karyawan menjadi seorang pengusaha, tentu setiap harinya akan ada hal baru yang kamu pelajari. Namun, jika sudah belajar satu hal jangan lantas merasa sudah pintar.

Sebagai tips dari karyawan menjadi pengusaha, kamu harus memiliki rasa haus terhadap ilmu pengetahuan, apapun itu. Agar, kamu jadi pemimpin yang kaya, baik akan pengalaman dan pengetahuan.

6. Hargai Proses Namun Fokus pada Target

Proses memang penting, dari proses kita bisa belajar banyak hal. Namun, sebagai pengusaha sudah seyogyanya kamu berorientasi pada target. Sebab, targetlah yang membuat roda bisnis tetap berjalan.

Misalnya, kamu telah menetapkan target profit sekian juta. Namun, target tersebut tidak tercapai karena satu dan lain hal. Segera lakukan evaluasi, agar kedepannya target tersebut bisa kamu capai.

7. Cintai Bisnismu dan Tetap Bersikap Profesional

Profesionalitas dan objektivitas dalam menjalankan bisnis adalah hal yang penting. Kamu boleh saja mencintai bisnis yang kamu jalani, namun tetaplah bersikap realistis terhadap bisnis tersebut.

Ingat, segala keputusan ada di tanganmu sebagai pemimpin perusahaan. Jika hitung-hitungan angka tidak memungkinkan, maka ambil tindakan tegas. Kamu bukan lagi karyawan yang harus nurut setiap saat.

8. Punya Mimpi Besar dan Enggan Dibatasi

Tips dari karyawan menjadi pengusaha selanjutnya adalah selalu memiliki mimpi besar dan enggan dibatasi merupakan sifat dari seorang pengusaha.

Enggan untuk dibatasi di sini maksudnya, kamu harus mampu memikirkan hal-hal yang tidak dipikirkan oleh orang pada umumnya. Berani mengambil risiko, namun tetap dengan perhitungan yang matang.

9. Siapkan Mental karena Jam Kerjamu Tidak Terbatas

Ketika kamu menjadi karyawan mungkin jam kerjamu sudah sesuai pakemnya, yakni jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Namun, ketika kamu menjadi seorang pengusaha, jam kerja tersebut akan memudar.

Tidak ada jam kerja untuk seorang pengusaha. Kamu bisa bekerja selama 24 jam penuh untuk memastikan bisnis tetap berjalan. Sebagai tips dari karyawan menjadi pengusaha, siapkan mental dan fisikmu ya.

10. Mulai Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Tips dari karyawan menjadi pengusaha terakhir adalah jadilah individu yang tidak plin-plan. Jika kamu mau berbisnis, maka mulailah bisnis tersebut sekarang juga.

Perhitungan yang matang memang penting, tapi jangan terlalu fokus kepada hal-hal yang sebenarnya belum tentu terjadi. Jika kamu telah menyiapkan dengan baik, in shaa Allah semua akan berjalan lancar.

Itu tadi beberapa tips dari karyawan menjadi pengusaha yang bisa kamu terapkan. Setelah mindset sebagai pengusaha sudah terbangun, simak pula langkah-langkah menjadi pengusaha pemula berikut ini.

Langkah Awal Menjadi Seorang Pengusaha

Menurut Joanne Cleaver, penulis buku The Career Lattice, setidaknya ada empat langkah yang bisa kamu lakukan sebagai tips dari karyawan menjadi pengusaha, berikut di antaranya:

1. Putuskan Industri Bisnis yang Kamu Jalankan

Sebagai tips dari karyawan menjadi pengusaha, ada dua langkah yang bisa kamu lakukan dalam menetapkan industri apa yang akan kamu jalankan pada bisnismu tersebut.

Pertama industri yang sesuai dengan bidang yang kamu geluti, atau kedua bisnis yang sesuai dengan keterampilan profesionalmu. Hal ini penting, sebagai langkah awal dalam membangun sebuah usaha.

2. Temukan Tren Baru pada Industri Tersebut

Mengikuti tren yang sudah ada mungkin akan lebih memudahkan kita dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun, hal tersebut akan hanya membuat kita sebagai pengikut saja.

Sebagai tips dari karyawan menjadi pengusaha, ada baiknya jika kamu menemukan tren baru pada industri tersebut. Agar, masyarakat bisa melihat jika perusahaanmu berbeda dengan yang lain.

3. Cari Tahu Kebutuhan Pasar

Nah, hal yang satu ini bisa jadi tips dalam menentukan industri apa yang hendak kamu bangun. Dengan mengetahui kebutuhan pasar, kamu bisa mencoba jenis bisnis yang sedang disenangi oleh masyarakat.

Namun, jangan sekedar begitu saja, manfaatkan pengetahuan tersebut untuk mengembangkan produkmu lebih baik lagi. Ingat, mengikuti pasar bukanlah cara terbaik dalam menjalankan bisnis.

4. Gunakan Segala Jaringan yang Kamu Miliki

Seorang pebisnis yang sukses biasanya memiliki kepribadian yang supel, dengan begitu ia jadi memiliki banyak relasi dan kenalan yang bisa dimanfaatkan untuk perkembangan bisnis ke depannya.

Apabila kamu memiliki jaringan yang mempuni, jangan segan untuk menggunakan jaringan tersebut saat memulai usaha. Jaringan ini berfungsi untuk membantumu membangun bisnis di pada tahap awal.

Semoga tips dari karyawan menjadi pengusaha di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Selamat mencoba!

(Photos: Freepik)

Bermanfaat? yuk share agar yang lain tau